Thursday, January 24, 2013

Persiapan Finishing Mebel

Sebelum memulai pengecatan pada kayu atau mebel terlebih dahulu siapkanlah tempat yang cukup besar dan layak, yang nantinya akan di bagi bagi dalam beberapa ruangan yang di butuhkan sesuai model finishing mebel jenis apa yang akan dijalankan, apakah step aplikasi yang sederhana dan ataukah membutuhkan proses aplikasi yang panjang, dan mengenai lay out ruang finishing kan saya bahas nanti, lalu perlengkapan apa sajakah yang dibutuhkan untuk memulai proses finising mebel? 


1. Mebel Atau Kayu Yang Akan Difinishing 



Pilihlah kayu sesuai kualitas yang di inginkan sesuai budget dan permintaan, kayu muda tentunya lebih butuh perawatan ekstra karena sering rawan masalah melengkung dan rapuh. 



2. Amplas 

Pemilihan grade amplas sangat penting sesuai dengan permukaan kayu yang akan di kerjakan, pada amplas mentah kayu sebelum di finishing bila kayu masih dalam keadaan yang kasar dan tidak rata amplaslah dengan grade yang rendah no. 80 sampai 120 setelah itu bisa diperhalus dengan no. 240 dan untuk amplas setelah sanding sealer atau sebelum top coat gunakan no. 360 sampai 600, dan saat revisi top coat saya sarankan untuk menggunakan no. 600 sampai 1000 agar setelah top coat tidak terjadi sanding mark.




3. Compressor



Jenis & ukuran dari udara kompresor biasanya didasarkan pada tempat Anda menggunakan kompresor udara, untuk kapasitas kecil inflator kecil atau kompresor udara portabel akan cukup baik untuk Anda, Namun, salah satu kelemahan dari inflators adalah kecepatan lambat kompresi udara. Jika Anda mencari inflasi lebih cepat dalam menjalankan pengumpulan udara kompresor udara portabel yang lebih cocok dan menghemat waktu. Untuk kapasitas pekerjaan yang tinggi anda mungkin perlu kompresor udara yang lebih besar untuk daya beberapa senjata semprot, nailers, Sanders atau alat lainnya. Saya merekomendasikan Anda untuk mendapatkan kompresor yang memiliki CFPM tinggi (kaki kubik per menit) aliran udara dari alat-alat Anda berencana untuk menggunakan. Misalnya, pistol semprot mungkin perlu 4 CFPM aliran udara untuk bekerja dengan baik, sehingga kompresor udara Anda membeli harus mampu menghasilkan lebih dari ini udara banyak dalam waktu yang lebih singkat.


4. Spray Gun



Dalam pengecatan menggunakan teknik spray gun, beberapa hal yang harus dipahami adalah mimilih Spraygun yang sesuai dengan benda yang akan kita cat. Berikut ini beberapa tips yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih spraygun.Yaitu:
 ^Ukuran dari benda kerja.
 ^Besarnya area yang akan dicat. Sesuaikan dengan feed-nya (jenis spraygun dalam hal posisi tempat cat)
  • Untuk part kecil dan frekuensi pergantian catnya tinggi gunakah Gravity feed. (G type)
  • Untuk part yang kecil hingga medium dalam pergantian catnya Kamu dapat menggunakan type Suction feed (S type)
  • Untuk part besar dan area yang luas dan menggunakan system conveyor, Kamu sebaiknya menggunakan Pressure Feed (P type) yang dipadu dengan pompa bertekanan deserta tankinya.
 ^Kekentalan cat atau viskositas cat yang akan digunakan. Hal ini harus dipertimbangkan karena mempengaruhi pemilihan nozzle spraygun. Jangan sampai nozzle terlalu besar dan juga tidak disarankan terlalu kecil. Kekentalan cat dapat dilihat dan diukur menggunakan viskometer Ford cup #4, atau NK-2.
 
 
 
5. Cat
 
Cat disini adalah bahan utama yang di butuhkan dalam proses finishing kayu, dalam pengecatan mebel bisa dengan hanya menggunakan satu bahan dan ada yang lebih, dengan satu bahan misalnya dengan politur atau teak oil yang cara aplikasinya dengan multilayer coating artinya cat yang sudah diaplikasikan bisa diaplikasi ulang dengan penebalan sampai tingkat yang di inginkan, dan yang lebih dari satu bahan artinya dalam proses finishing membutuhkan lebih dari satu macam bahan, dimulai dengan pewarnaan (staining), pembentukan lapisan film untuk melindungi permukaan kayu (sanding sealer), dan lapisan peberi tingkat gloss (top coat).

NC Sanding Sealer

PU Coating


Melamin Top Coat
Wood Stain

2 comments:

  1. Infonya sangat bermanfaat mas. Mohon ditambahkan lagi tentang tips-tips pengerjaan finishing mebel, tentang cara spray, cara membuat campuran, dll yang berkaitan dengan finishing mebel.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas amri masukannya, nanti kalau ada waktu pasti saya tulis.

      Delete